Friday, January 5, 2018

Baju Adat Lampung Laki-Laki

Baju Adat Lampung Laki-laki

Lampung adalah provinsi paling selatan yang ada di pulai sumatera. Letaknya yang berdekatan dengan pulau jawa. ada banyak suku bangsa yang tinggal di provinsi ini, diantaranya suku jawa, sunda, bali, dan suku lampung sendiri.
Salah satu warisan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini yang masih sering kita jumpai yakni baju adat lampung.
Oleh sebab itu, provinsi Lampung sangat kaya unsur kebudayaan, serta baju adatnya. baju adat lampung yang dimiliki ke unikan tersendiri untuk itu kali ini saya akan membahas tentang baju adat lampung. Berikut penjelasannya:

PAKAIAN ADAT LAMPUNG

pakaian adat lampung pepadun

Pakaian adat lampung brnama Tulang Bawang Kendati mempunyai penduduk dari suku yang heterogen, kebudayaan masyarakat asli Lampung masih dilestarikan hingga masa kini. salah satu warisan budaya tersebut yang saat ini masih dapat kita lihat yakni Baju adat Lampung. 
Baju adat lampung adalah warisan dari budaya Lampung yang sangat khas dan mempunyai nilai seni sangat tinggi. Baju adat ini biasa digunakan untuk acara nikahan, tari sebagai simbol penghormatan budaya lampung.

PAKAIAN ADAT LAMPUNG DAERAH PESISIR
pakaian adat lampung daerah pesisir
Di Provinsi Lampung sendiri baju adat Lampung terbagi menjadi dua adat, yakni Baju Adat Lampung Saibatin dan Baju Adat Lampung Pepadun. Baju tradisional Lampung jika dicermati dengan seksama terdapat perbedaan baju adat pepadun dan baju adat saibatin.
Namun, pada dasarnya masih terdapat kemiripan yakni menggunakan kain tapis yang dihiasi dengan logam kuningan yang memperindah dan membuatnya terkesan mewah.Baju adat lampung ini sampai sekarang masih diwariskan dan banyak digunakan pada acara pernikahan (sebagai baju pengantin) dan kadang juga digunakan dalam pertunjukan seni tari daerah lampung, seperti Tari Bedana dan Tari Sembah.Suku Saibatin adalah suku di provinsi lampung yang mendiami daerah pesisir lampung yang membentang luas dari timur, selatan hingga barat , wilayah suku Saibatin (pesisir) mencakup Lampung timur, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Pesawaran. Tanggamus, serta Lampung Barat.
BAJU ADAT LAMPUNG LAKI-LAKI BESERTA KETERANGANNYA
pakaian lampung
Baju/pakaian adat laki-laki suku Lampung umumnya terkesan sederhana, yakni berupa lengan panjan berwarna putih, celana panjang hitam, sarung tumpal, sesapuran dan khika akhir. Mengenai Sarung Tumpal yakni kain sarung khas dari Lampung yang ditenun dengan menggunakan benang emas. Sarung ini dipakai di luar celana, panjangnya mulai dari lutut hingga pinggang. Setelah sarung, adalah khikat akhir atau selendang bujur sangkar dikenakan dengan melingkarkan ke pundak menutupi bahu. Baju adat untuk pengantin laki-laki suku Lampung dilengkapi dengan beragam aksesoris, pernik perhiasan. Setidaknya terdapat delapan perhiasan yang umumnya dikenakan oleh pengantin laki-laki. Pernik perhiasan tersebut diantaranya seperti kopiah emas berujim perhiasan leher berupa kalung, perhiasan pinggang, perhiasan dada, serta perhiasan lengan.

1 comments: