Tuesday, January 9, 2018

RAGAM BAJU ADAT LAMPUNG


Ragam Baju Adat Lampung

Image result for baju adat lampung  Image result for baju adat lampung  Image result for baju adat lampung



Penduduk Lampung merupakan masyarakat yang multinasional. Lokasinya yang strategis memungkinkan daerah ini ditempati oleh pendatang dari berbagai daerah di Sumatera dan Jawa. Hingga dapat dikatakan jumlah penduduk asli Lampung sekarang ini hanya sekitar sepertiga jumlah total keseluruhan penduduk Lampung. 

Masyarakat asli Lampung sendiri terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu Pepadun dan Saibatin. Masyarakat Lampung yang beradat Pepadun dapat digolongkan lagi menjadi:Abung Siwo Mego(Abung Sembilan Marga), Tulang Bawang Mego Pak(Tulang Bawang Empat Marga), Pubian Telu Suku(Pubian Tiga Suku), Buay Lima Way Kanan(Way Kanan Lima Kebuayan), Sungkay Bunga Mayang. Sementara masyarakat adat Saibatin digolongkan menjadi: Paksi Pak Sekala Brak(Sekala Brak Empat Paksi), Krui Marga Pitu(Krui Tuju Marga), Komring Buay Lima(Komring Lima Kebuayan), Peminggir Semaka, Melinting.

Baik kelompok adat Pepadun maupun Saibatin memiliki keunikan masing-masing dari segi adat istiadat, maupun busana, juga tata cara melangsungkan pernikahan atau gawai adat. Bahkan di antara suku perpaduan pun terdapat sedikit perbedaan dalam hal busana pengantin, meski tidak terlalu signifikan. 

Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil kain tapis, kain tenun bersulam emas, pada setiap upacara adat seperti pernikahan, tapis yang dipenuhi sulaman benang emas menjadi kelengkapan busana adat Lampung. Sementara itu memperindah tampilan, beragam aksesoris dikenakan yang semuanya terbuat dari emas. Baju pengantin wanita terlihat mewah dipenuhi warna kuning keemasan, mulai dari kepala sampai kaki.

Di kepala mempelai wanita mengenakan Siger, yaitu mahkota yang berbentuk seperti tanduk dari lempengan Kuningan yang ditata hias titik-titik rangkaian bunga. Siger ini berlekuk ruji tajam berjumlah 9 lekukan di bagian depan dan belakang dan setiap lekukan diberi hiasan bunga cemara Puncak Siger diberi hiasan serenja bulan, atau kembang hias berupa mahkota berjumlah 1 hingga 3 buah, dimana memiliki lengkungan di bagian bawah dan beruji tajam di bagian atas, serta berhiaskan bunga yang dibuat dari Kuningan yang ditatah.


1.Pengantin PepaduN Abung Utara

Image result for baju adat lampung    

2.Pengantin Lampung Saibatin

Image result for baju adat lampung

3.Pengantin Lampung Pepadun

Image result for baju adat lampung

0 comments:

Post a Comment