Tuesday, January 9, 2018

BAJU PENGANTIN ADAT LAMPUNG SAIBATIN


Pengantin Lampung Saibatin


Image result for baju adat lampung


Masyarakat adat Lmapung Saibatin sering disebut sebagai Lampung pesisir, karena kebanyakan dari mereka mendiami wilayah sepanjang pantai timur, selatan dan barat. Agama islam yang masuk dari Banten, berpengaruh besar di wilayah ini, sehingga dapat dikatakan tingkat masyarakat sudah tidak terlalu berpengaruh. Baju pengantin Saibatin memiliki perbedaan yang cukup besar dengan Lampung,salah satunya dari segi warna.

Bila pengantin pepaduan didominasi warna putih, pengantin adat Saibatin didominasi oleh warna merah. Siger yang dikenakan oleh pengantin wanita Saibatin berbeda dengan pengantin wanita Pepadun, dengan lekukan tajam berjumlah tujuh buah. Pengantin wanita mengenakan kebaya panjang merah bintang tabur dan tapik cucuk handak, selempang jungsarat disampirkan di bahu kanan, dan sebagai pengencang di pinggang dikenakan bubuduk. Di dada dipasangkan beberapa kalung seperti gajah minung, berputaran, papan jajar. Gelang burunng layang di lengan dan gelang geruncung, caro Mekah dan bibit di pergelangan tangan.

Sementara pengantin pria mengenakan jas tertutup bunga dan celana panjang merah, dengan kain sinjang rumpak dikenakan sebagai satung dari pinggang hingga lutut, serta selempang jungsarat disampirkan di bahu kanan. sebagai penutup kepala, dikenakan ikat pujuk ketupang, terapang/ keris disematkan di pinggang dan kalung gajah minong, berputuran, papan jajar di dada, tak ketinggalan juga gelang burung dikenakan di lengan kiri dan kanan.

1 comments:

  1. Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
    Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.
    Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)

    ReplyDelete